PELAJARAN TERBAIK DALAM HIDUP

 Day 11: What is the biggest lesson you learned till now?


Sedikit curhat dulu sebelum ke topik. Hari ini mulai nulis jam 9 malam. Gak biasanya gua nulis di jam jam malem kaya gini. Dari pagi gua harus belajar buat kuis besok. Btw, gua besok ada 2 kuis, yaitu Matematika Berpikir Logis dan Statistika. 

Sejauh ini, gua baru belajar 3 bab mengenai Matematika dari 4 bab yang diujikan. Sementara di statistika gua belum belajar sama sekali. Gak tau besok kaya gimana, pasrah aja lah ya.

Oke, balik ke topik. Pelajaran yang paling besar yang gua masih pelajari sampai sekarang. Satu hal yang langsung terbesit di pikiran gua, yaitu Kejujuran.

Gua inget banget dan selalu inget. Orang tua gua selalu bilang, "kalau jadi orang yang jujur ya dek, nanti tuh di dunia kerja kalo kamu udah ga jujur sekali nanti kamu udah ga dipercaya sama orang lagi". Mungkin hal itu yang membuat gua untuk berusaha jujur setiap kali ditanya atau menyatakan pendapat.

Seperti hari Rabu kemarin, tanggal 17 November 2021. Gua masuk zoom dan beberapa menit kemudian dosennya baru masuk ke zoom tersebut. Baru masuk langsung manggil nama gua, "Andhika, kamu udah buka PPT tentang materi sekarang atau belom?". Gua yang semalem masih ngulang materi sebelumnya harus langsung jawab dong biar ga dikira nyari alesan.

Gua bilang, "belum pak, saya masih ngulang ngulang materi sebelumnya". Dosen tersebut nanya lagi, "Loh kan hari ini materi baru, berarti kamu belom siap kuliah atau bagaimana?". Gua jawab lagi, "Iya pak karena saya orangnya gampang lupa, jadi materi sebelumnya harus saya ulang terus pak". Dan setelah itu dosennya hanya bilang, "Waduh kamu ini gimana sih".

Setelah kejadian itu, gua langsung deg-degan sih, tapi sekaligus lega. Kenapa lega? karena gua berani bilang ke dosen bahwa gua jujur belum baca PPT yang udah disediakan sama dosen tersebut dan gua ga mencari-cari alasan yang kurang masuk akal untuk dibicarakan sehingga mungkin gua masih dipercaya oleh dosen tersebut.

Itu sih pelajaran yang masih gua pegang dan masih gua pelajari lebih.

Komentar