MENJAGA KEWARASAN

Halo, nama gua Dika dan gua baru lulus SMA tahun 2021. Ya, gua lagi di tahap mecari kampus, ikut SBMPTN, mandiri, dll. Tahun yang berat? yap, karena tahun ini pandemi Covid-19 masih belum selesai dan gua di rumah terus. Akan tetapi, bagaimana gua bisa tetap menjaga kewarasan di tengah pandemi ini? Mungkin kuncinya ada tiga, yaitu:

  • Ibadah
  • Olahraga
  • Refreshing

Tiga hal itu yang gua lakukan di sela-sela waktu belajar gua. Gua mengawali aktivitas dengan ibadah dan lanjut olahraga pagi. Sepedaan adalah olahraga favorit gua di masa pandemi ini. Karena gua bisa kemana aja dan juga gua ga membutuhkan banyak orang dalam berolahraga. Gua sepedaan sekitar 1 jam aja dari jam 6-7 pagi dari pekayon-galaxy. Sembari sepedaan gua selalu denger podcast. Podcast yang biasanya gua dengerin itu FRODCAST dan RAPOT.

Biasanya gua mulai belajar jam 9 pagi atau jam 10 (tergantung mood haha). Gua untuk persiapan mandiri ini ga terlalu memforsir diri gua. Jadi gua masih bisa happy walau gua masih harus ngambis.

Di sela-sela belajar gua sering refreshing. Refreshing yang gua pilih itu baca buku, main media sosial, dan nonton film. Tapi kadang gua refreshing suka kebablasan jadinya hari itu kurang produktif hahaha.

Buku yang lagi gua baca itu judulnya Socrates Cafe. Buku itu termasuk kategori sosiologi, tapi walaupun gua anak IPA gua enjoy banget sama buku itu. Buku itu ngejelasin kita tentang bijak dalam menggunakan media sosial, bagaimana kondisi literasi di Indonesia sekarang, pokoknya kalo lu pernah nonton The Social Dilemma di Netflix lu bakal relate deh. Buku ini dicetak tahun 2018 dan film The Social Dilemma baru keluar dua tahun berikutnya, tapi buku ini kayak udah ngerangkum apa yang ada di film itu, keren banget kan!

Film yang suka gua tonton akhir-akhir ini anime sih. Gua lagi suka banget sama Studio Ghibli. Studio Ghibli adalah studio yang memproduksi film kartun jepang yang film-filmnya tuh mempunyai feel oldschool dan juga animasinya bagus banget walaupun itu adalah anime-anime tahun 90an s.d. 2000an. Salah satu film produksi Studio Ghibli yang paling terkenal yaitu "Spirited Away".

Oh iya, jangan lupa untuk follow gua di instagram @dhikarfi dan juga di twitter @laazuardii. Segitu aja tulisan dari gua semoga bisa diambil manfaatnya, terima kasih!

Komentar