BAHAGIA ITU SEDERHANA(?)


Day 2: Write about the things or activities that make you happy


Hari kedua dalam tantangan menulis secara konsisten dalam 30 hari. Hmm, kalau ditanya rasanya bagaimana agak bingung sih jawabnya. Hari ini tidak tahu kenapa agak sedikit riweuh padahal hari ini kuliah hanya ada dua mata kuliah, yaitu Matematika Berpikir Logis dan Statistika. Pagi ini hidup terasa riweuh ketika grup 1 dan grup lainnya memunculkan notifikasi yang mana membuat gua menjadi banyak pikiran. Praktikum mandiri, praktikum kelompok, sampai tugas akhir statistika memaksa gua untuk selalu berpikir dengan hal kedepannya.

Setelah mata kuliah pertama selesai gua langsung menuju blog ini untuk ngetik lagi, tetapi sebelum itu gua sempat berkunjung ke blog Kevin Anggara dahulu untuk melihat hasil penulisan dia di hari pertama. Gua mulai lebih dulu sehari dibanding dia. Akan tetapi, setelah gua liat blognya gua jadi pengen ngerombak tampilan blogger gua karena kurang enak dipandang aja hahaha.

Ya, lanjut aja ke topik hari kedua, yaitu hal atau aktivitas apa yang dapat membuat gua happy. Sebenarnya banyak hal-hal atau aktivitas yang bikin gua happy, tetapi kalau bisa gua list, mungkin gua akan tulis 3 hal atau aktivitas teratas yang bisa banget bikin gua happy.

1. Baca Buku

Kalau lu baca dari blog-blog gua sebelumnya, lu tau bahwa gua adalah orang yang baru mempunyai ketertarikan membaca buku dari awal tahun 2021 ini. Sebelumnya sih sebenernya pernah beli buku, tapi lebih ke novel kali ya. Seperti buku lima sekawan, harry potter, dan komik-komik naruto, ben10, dll. Dulu, kalau gua ke gramedia selalu beli komik, tetapi setelah gua SMP gua ga boleh beli komik lagi dan disaranin sama orangtua gua untuk beli novel kecil (ceritanya ga terlalu panjang). Akan tetapi, gua sekarang baca buku untuk meng-upgrade diri gua menjadi orang yang lebih baik setiap harinya.

Memang, terdegar klise, tetapi ya sebisa mungkin gua menangkap dan menerapkan hal-hal yang ada di buku itu. Tidak semua hal di buku-buku yang gua baca, gua setuju dengan penulisnya, beberapa buku seperti di buku SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT dan BERANI TIDAK DISUKAI beberapa pernyataan atau pendapat penulis ya ada yang gua kurang sreg, tapi gua paham apa yang dipikirkan dan pandangan penulis tentang hal itu. 

Dengan gua membaca buku, gua udah meminimalisasi waktu gua untuk buka sosmed. Hal itu berdampak positif untuk gua karena sejujurnya gua sering scrolling instagram padahal ga ada hal baru yang muncul ataupun ga ada hal yang penting yang gua harus tau pada saat itu juga. Membaca membuat gua jadi bisa memanfaatkan waktu lebih baik setiap harinya.

2. Olahraga

Dari kecil, gua udah suka banget dengan olahraga. Gua adalah orang yang bisa banyak olahraga, tetapi ga jago. Hahaha. Dari futsal, basket, sampai floorball (ga pernah denger kan?) udah gua coba. Olahraga sering sekali membuat gua happy setiap harinya. Dulu, sebelum pandemi, gua sering futsal tiap minggu dan latihan floorball 2-3 kali seminggu. Hal tersebut membuat gua senang karena gua bisa melakukan aktivitas yang gua suka dan bertemu banyak orang yang suka juga dengan aktivitas tersebut.

Akan tetapi, pandemi datang dan gua pun harus berolahraga sendiri. Awal pandemi gua hanya bisa latihan skipping, jalan-jalan kecil di rooftop rumah. Sampai sekarang, kasus positif sudah menurun, vaksinasi sudah 2 kali, gua jadi lebih sering olahraga di luar rumah, seperti berlari dan badminton. Walaupun tidak dengan banyak teman (hanya dengan kakak), aktivitas tersebut masih bisa membuat gua happy karena gua bisa merasa lebih segar setiap setelah olahraga dan menjalani aktivitas jadi lebih semangat dari biasanya.

3. Ikut Lomba

Agak aneh ya, hahahaha. Gua bukan orang yang ambisius banget untuk mengejar piala, juara, dan sebagainya. Ya, per hari ini, gua udah mengikuti 2 lomba di semester 1 yang belum selesai juga. Gua mengikuti lomba ga semata-mata untuk mencari juara ataupun sertifikat (karena banyak orang ikut lomba hanya mengejar sertifikat saja). Gua mengikuti lomba, selain ingin menang, juga ingin mencari pengalaman dan ingin lebih sering berkomunikasi dengan teman.

Di tahun ini, selama pandemi, gua jarang keluar rumah sehingga gua jarang ngobrol dengan teman-teman. Discord kan bisa? Ya temen-temen gua kalo nge-discord pasti kalau lagi bermain game, sementara gua orang yang kurang tertarik dengan game. Maka dari itu lah gua seneng untuk ikut lomba. Gua jadi sering diskusi dan bertukar pikiran dengan teman, bercanda, dan ada kalanya kita serius banget sampai begadang mengerjakan proposal lomba yang mepet deadline. Itu adalah keseruan tersendiri untuk gua. 

Gua juga ikut 4 komunitas di kuliah ini (tentang komputer semua), jadi anggotanya setiap 2 minggu sekali diberi tugas dan ya, gua bisa diskusi juga bareng temen-temen. Sebenarnya hal-hal seperti itu lah yang membuat gua bahagia sampai sekarang ini, berbincang dengan teman, walaupun gua jarang banget ngomongin hal-hal yang lebih private seperti kisah cinta gua (curhat), tetapi hal tersebut juga sudah cukup membuat gua bahagia untuk melupakan hal-hal buruk yang terjadi saat kuliah.

Kayaknya itu aja sih 3 hal yang membuat gua bahagia. Terima kasih udah baca!

Komentar