DIKA, SI JAGO BEGADANG

 Day 4: Are you early or nocturnal? Write pros and cons of being one


Foto di atas sebenarnya senja sih, bukan subuh. Tapi, sama sama indah bukan? Tidak apa apa lah ya. Kalo ditanya gua adalah orang yang bangun pagi atau nokturnal, gua akan menjawabnya dengan mudah bahwa gua adalah orang yang bangun pagi.

Setiap hari, gua bangun di jam 4 pagi. Memulai hari lebih pagi dibanding orang lain. Mengapa gua bangun pagi? Karena gua adalah orang yang jarang banget begadang. Gua akan begadang kalo emang gua lagi ambis banget belajar dengan target yang belum tercapai pada hari itu, ataupun kalo gua lagi nginep di rumah temen atau sebaliknya.

Kenapa gua jarang begadang? Karena gua bingung, apa yang bisa dilakukan orang begadang. Seisi rumah udah sepi, udah pada tidur, dan gua sendiri harus melakukan apa? Kalo gua tanya temen-temen gua sih mereka begadang untuk main game. Main game dari jam 10 malam sampe jam 2 pagi.

Akan tetapi, gua ga bisa melakukan hal itu. Pertama, gua kurang suka main game. Dulu gua suka banget sih main game. Akan tetapi semenjak gua SMA waktu main game gua berkurang dan kebiasaan main game pun udah jauh banget dari kehidupan gua. Pernah sih waktu itu diajak temen main ke warnet setelah selesai UAS pas SMA. Main 2 jam di tempat VIP, main CSGO bareng temen-temen, pulang pulang kok pusing. Ternyata, gua emang ga bisa lama lama di depan layar komputer, apalagi pada saat itu gua masih memakai kacamata yang belum anti radiasi layar gawai.

Balik lagi ke topik, pro dan kontra bangun pagi. Menurut gua keuntungan dari gua bangun pagi adalah gua bisa memakai waktu gua sebaik mungkin pada saat energi kita masih full. Kita bangun dan ngumpulin nyawa setelah itu, dengan energi yang masih full kita melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan, seperti olahraga, baca buku, nulis blog ini, dan masih banyak lagi.

Kalo ditanya kontra, gua jujur aja agak bingung ya. Karena menurut gua bangun pagi itu memang hal yang sebenarnya harus dilakukan semua orang (kecuali orang yang bekerja pada malam hari). Akan tetapi, mungkin ada satu kerugian bangun pagi, yaitu tidak bisa bersosialisasi lebih dengan teman ketika lingkungan kita atau teman teman kita adalah orang yang nokturnal.

Seperti gua pada saat ini. Dari semenjak pandemi dimulai, temen-temen gua selalu ngobrol di discord di atas jam 11. Sementara, gua jam 10 pun udah tidur untuk mempersiapkan energi di esok harinya. Ketika gua udah bangun pun temen-temen gua ya masih pada tidur. Jadi, menurut gua kalo lu adalah orang yang sering bangun pagi kaya gua, gua saranin untuk cari circle pertemanan yang sesama bangun pagi juga. Karena gua pun kurang enak, jadi ga bisa berinteraksi sering dengan teman-teman.

Komentar