TIGA HAL PENTING DALAM HIDUP

 Day 3: What are the three most important things you cannot live without?


Hari ketiga yah. Kebetulan hari ini bener-bener sibuk sih. Tiga mata kuliah dalam satu hari, ada kerja kelompok, laporan praktikum, dan tugas yang belom gua kerjain (padahal deadline hari ini). Menulis tulisan ini pun gua sambil menjalani kelas Hahahaha. Kalo ditanya gimana rasanya nulis hari ini, mungkin gua akan bilang malesss banget hari ini. Ya, karena banyak tugas dan mata kuliah yang super banyak hari ini.

Akan tetapi, sebisa mungkin gua harus bisa nyelesain tantangan ini sampai habis.

Tema hari ini adalah tiga hal penting yang gua ga akan bisa hidup tanpanya. Jujur aja bingung gitu. Karena gua rasa semua hal yang ada di hidup gua saling berkesinambungan, saling mempunyai sebab akibat yang membuat hidup gua seperti ini. Dari keluarga, agama, sampai edukasi, semuanya berkesinambungan untuk membuat hidup gua seperti sekarang. 

Mungkin bisa gua jabarin dari ketiga hal tersebut.

1. Keluarga

Ya, seperti di tulisan gua sebelumnya bahwa gua bersyukur mempunyai lingkungan yang supportif. Yang sering mendorong gua untuk berkembang, yang mendukung gua untuk melakukan hal-hal yang ingin gua lakukan. Tanpa mereka, ya gua ga akan hidup seperti ini mungkin. Teman-teman pun udah gua anggap sebagai keluarga. Apalagi yang sudah sangat dekat, yang bisa gua gunakan sebagai tempat curhat (walaupun ga banyak). 

Setidaknya mereka sudah membuat hidup gua lebih berarti. Membuat gua bisa mencoba melakukan banyak hal. 

2. Agama

Harusnya ini ditaro di poin pertama ya. Ah, biarkan lah, namanya juga manusia tempat lupa.

Agama menurut gua sangat penting dalam kehidupan. Tanpa agama, orang-orang tidak akan tahu batas yang boleh dilakukan oleh manusia. Seperti di Agama gua, yaitu Islam, melarang umatnya untuk meminum minuman yang mengandung alkohol karena minuman yang mengandung alkohol dapat merusak liver dan juga dapat membuat orang mabuk. Orang yang sudah mabuk biasanya kehilangan kontrol atas dirinya, dia bisa membuat apa yang ada di alam bawah sadarnya pada saat itu juga.

Agama menuntun gua untuk berbuat baik kepada semua orang. Bukan bermaksud sok alim, tapi hal tersebut memang works dalam menjalani kehidupan. 

3. Edukasi

Edukasi, ya tau lah ya. Edukasi sangat penting bagi semua orang. Edukasi juga sering menjadi tolak ukur orang dalam memandang orang lain, walaupun menurut gua agak kurang bagus dalam menerapkan hal ini.

Edukasi sangat berarti bagi gua. Gua bisa meng-explore hal-hal yang gua belum ketahui. Gua bisa mencoba hal-hal menantang yang belom pernah gua coba. Seperti mengikuti olimpiade, lomba IT business, lomba Web design, dan lain-lain. Hal itu membuat wawasan gua lebih luas. Gua jadi bisa nyambung jika mengobrol dengan orang lain mengenai hal ini itu. Gua jadi dapat menggapai impian gua untuk kedepannya.

Pokoknya edukasi sangat berarti deh buat gua.

Sekian aja tulisannya, terima kasih udah baca!

Komentar