HOW'S LIFE?

Day 20: How is your life today? Write three good things and three areas of improvement


Hari minggu ini dibuka dengan bangun jam 4 pagi tentunya. Dengan mood yang ga terlalu baik karena tadi malam Chelsea, klub kesayangan gua, kalah. Tapi, hal tersebut bisa di-cover dengan kemenangan Persib melawan Madura United tadi malam. Walaupun nontonnya gak gregetan karena pemain Persib yang ga bisa manfaatin peluang dengan baik.

Dari Malam hari hujan turun sampai sekarang jam 9 pagi. Gua memutuskan untuk tidak olahraga dulu karena di luar hujan dan gua sedikit mengalami cidera kaki. 

Kegiatan pagi ini memang kurang produktif. Hanya menonton berita di TV dan menonton highlight bola tadi malam.

Three good things today: bangun pagi, nyelesain buku yang udah lama berhenti dibaca, nulis blog ini setelah sekian lama vakum.

Komitmen gua yang tadinya menulis blog ini tiap hari dalam sebulan berubah menjadi menulis 30 blog dalam sebulan. Ya, karena kesibukan tugas dan lainnya yang membuat gua lupa dan menjadi keenakan untuk tidak menulis.

Three areas of improvement: 

1. Bisa balik menulis lagi.
Agak susah untuk balik menulis seperti di hari-hari pertama melakukan tantangan ini. Sekalinya udah ga nulis dalam sehari, dua hari, dan seterusnya malah jadi kebiasaan baru untuk tidak menulis. 

2. Kembali baca buku.
Dari kemarin, karena gua menonton video dari mas Fellexandro Ruby, yang berjudul "Cara membaca 100 buku dalam setahun" kalau tidak salah. Dalam video tersebut, beliau bilang, "kamu ga perlu membaca full buku-buku tersebut, jika kamu udah nemuin apa yang kamu ingin cari dan ketahui kamu bisa stop membaca buku itu dan cari buku lain." Dari situ gua langsung ga ada motivasi lagi untuk membaca buku. Tapi hari ini motivasi tersebut kembali muncul karena gua ga ada aktivitas pagi selain baca buku.

3. Sadar akan keterbatasan.
Tadi malam gua nonton videonya mas Ferry Irwandi yang berjudul "Manusia itu makhluk yang terbatas". Dalam video tersebut, mas Ferry menjelaskan bahwa teori yang mengatakan manusia hanya memakai 10% dari kapasitas otaknya untuk berpikir, padahal nyatanya manusia setiap harinya memakai 100% kinerja otaknya untuk berpikir. Dan Mas Ferry di video tersebut memberi tahu bahwa kita, manusia, memiliki keterbatasan juga dalam berpikir. Banyak pertanyaan orang atheis yang bilang bahwa Tuhan itu tidak ada. Ketika ditanya seperti itu kita pasti bingung kan dan tidak bisa menjawab. Itu lah mengapa manusia itu mempunyai limitasi dalam berpikir. Bukan berarti Tuhan itu tidak ada, melainkan kita sebagai manusia tidak dapat berpikir setinggi itu untuk membuktikan keberadaan Tuhan kepada orang-orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan.

Harapannya sih hari-hari ke depan gua akan terus meng-improve diri gua seperti ini. Tidak bermalas-malasan, apalagi dua hari lagi gua akan memasuki UAS.


Komentar